Stefan Radu sang gladiator!

, by idrayang

 

Stefan Radu, adalah salah satu gladiator Lazio asal Rumania yang pada tanggal 23 Oktober 2010 lalu genap berusia 24 tahun.


Radu saat ini mengharapkan perpanjangan kontrak dari Lotito mengingat kontraknya yang akan segera berakhir pada tahun 2012. Radu saat ini di kontrak 450 ribu pertahun oleh Lazio, menurut agen Radu Victor Becali pemain ini diincar oleh juventus dan Manchester City.

Roberto Mancini tertarik memboyong pemain kidal ini, sebelumnya Mancini telah menarik Kolarov ke Manchester namun pemain yang dibeli musim panas lalu itu menderita cedera parah dan harus absen cukup lama.

Awal Karir
Radu memulai karir di klub raksasa Rumania Dinamo Bucharest dan bermain empat musim di tim inti Dinamo. Pada musim 2006/2007 Radu menjadi pemain kunci di tim Dinamo, dari seorang pemain muda berbakat menjadi salah satu bek central terbaik di liga Rumania. Selain itu Radu sukses mambawa Dinamo merengkuh gelar ke 18 sebagai champion di Liga Rumania.

Berkat prestasinya tersebut Radu mendapat julukan sebagai "the new chivu" oleh media-media di Rumania, dan menjadi perhatian klub-klub besar eropa. Radu memang memiliki kesamaan posisi dengan Chivu yakni sebagai bisa bermain sebagai bek tengah maupun bek sayap kiri.

Meski diminati oleh Juventus, ass Rioma, juga Genoa. pada musim 2007/2008 tepatnya Januari 2008 Radu memilih untuk hijrah ke Lazio yang saat itu mengikatnya dengan status sebagai pemain pinjaman.

Berbaju biru langit
Radu di angkut Lazio dari Dinamo lewat status sebagai pinjaman, ketika itu Lazio baru saja gagal di Liga Champion, kedatangan Radu diharapkan Lotito bisa merubah permaian Lazio di lini belakang. Radu memulai debutnya bersama Biancoceleste pada partai Piala Coppa melawan Fiorentina.
Support Laziale...
Kemampuan Radu dalam menjaga pertahanan Lazio membuatnya sedikit demi sedikit mendapat kepercayaan lebih dari Delio Rossi yang saat itu menjabat sebagai pelatih Lazio. Karena kehadirannya Radu bahkan membuat Kolarov terpinggirkan,

Berkat prestasinya tersebut Lotito pun mempatenkan Radu pada musim 2008/2009.

 
Gladiator Lazio
Memasuki musim keduanya bersama Lazio, Stefan Radu kesulitan mendapatkan kepercayaan dari Delio Rossi, ia pun terpaksa lebih banyak duduk di bangku cadangan. Total ia hanya bermain 19 kali saat itu. Namun prestasi diukir bersama Lazio dengan merengkuh Coppa Italia dan Super Coppa Italia.

Radu baru mendapat kepercayaan lagi ketika dibawah kepelatihan Davide Ballardini yang ironisnya ketika Lazio di bawah kendali Ballardini pasukan biru langit harus menderita karena hampir di perjalanan musim 2009/2010 harus berjuang lepas dari zona degradasi.
Di musim ini Radu mejadi salah satu gladiator di pertikaian antar pemain di derby della capitale terakhir musim itu, ketika itu Lazio harus mengaku kalah dari Rioma merda dengan skor tipis 1-2 , diakhir pertandingan Radu yang terlihat tak senang dengan sikap para riomanista dengan sengaja mengganjal kaki Simone Perrota ketika sedang berlari merayakan kemenangan mereka. Pertikaian akhirnya terjadi dan sempat membuat kerumunan pemain kedua klub.
Kini di musim 2010/2011 Radu makin menunjukkan kualitasnya, dirinya selalu menjadi pilihan utama pelatih edy reja untuk mengawal lini belakang Lazio sebagai bek sayap kiri. Semoga pencapaian Lazio di awal musim ini bisa terus berlanjut dan sebagai hadiahnya Lotito akan memberikan perpanjangan kontrak kepada Stefan Radu.



Followers