FIFA.com Goal of the year (The FIFA Puskás Award)

, by idrayang



Gol Cristiano Ronaldo ke gawang Porto di ajang Liga Champion menjadi gol terbaik tahun ini versi FIFA, The outstanding goal of the 2008/09 season itu terjadi saat Perempat final Liga Champion di bulan April, golnya itu mendapat vote sebesar 17.68 persen di polling Fifa.com.
CR9 saat itu membuat MU memimpin 1-0 dari tendangan jarak sejauh 40 meter dan membawa klub Sir Alex Ferguson ke Semi Final.

"I am very proud of this award, it's a great honour for me," ucap Ronaldo, yang kini membela Real Madrid dengan rekor transfer £80 juta.

"It was incredible, a fantastic goal. If you asked me how to score a goal like that I wouldn’t be able to tell you.
"It’s just hitting it hard and seeing the net billow, that’s all."

Penghargaan untuk gol ini diambil dari nama mantan pemain pesepakbola ternama dari Hungaria Ferenc Puskas, kapten legenda Hungaria di tahun 1950an.

berikut daftar lengkap pemenang goals of the years versi FIFA.com

1. Cristiano Ronaldo: Porto v Manchester United, Champions League
2. Andres Iniesta: Barcelona v Chelsea, Champions League semi-final
Gol ini sebenarnya biasa saja, namun arti dan gengsi pertandingan yang membuat gol ini sangat penting, karena gol ini yang membuat Barca lolos ke Final dan membuat Chelsea menangis di menit-menit kahir pertandingan.

3. Grafite: Wolfsburg v Bayern Munich, Bundesliga
Gol ini boleh dibilang sangat khas dan berkelas, Grafite menyisir sisi kanan pertahanan Munchen dan melewat dua bek Munchen sebelum akhirnya mempecundangi kiper dan empat bek Bayern Munchen, dan yang membuat gol ini makin cool, Grafite menceploskan bola ke gawang dengan tumitnya meski didepan gawang berdiri 3 bek Bayaern Munchen.

4. Eliran Atar: Bnei Yehoda v Maccabi Netanya, Israeli League
Gol salto terbaik dengan umpan terukur yang diawali dengan ketenangan sang pengumpan.

5. Fernando Torres: Liverpool v Blackburn Rovers
gol indah dicetak striker Liverpool, dengan tanpa melihat ke arah gawang lagi seusai menahan bola dengan dadanya sambil membelakangi gawang Torres berbalik melakukan tendangan keras dan gol!!!!.

6. Nilmar: Corinthians vs Internacional , Campeonato Brasileiro
Aksi pemain Brazil memang tiada duanya, sendirian Nilmar mengobrak-abrik pertahanan Corinthians, dari sisi kanan pertahanan Internacional, Nilmar mendribling bola ke arah sisi kiri kotak penalti Corinthians dengan melewati satu, dua, tiga, empat, lima pemain lawan!!! menakjubkan!!

7. Michael Essien: Chelsea v Barcelona, Champions League
Masih satu partai dengan gol Iniesta, Essien melepaskan tendangan first time yang sangat keras dari luar kotak penalti dan membuat kiper sekelas Peter Cech tidak mampu menepis sedikit pun.

8. Luis Angel Landin: Cruz Azul v Moella, Mexican League
Gol dilakukan Landin dengan cara menendang bola melalui tumitnya sembari diving meski dirinya dalam keadaan ditempel ketat.

9: Emmanuel Adebayor: Villareal v Arsenal, Champions League
10. Katlego Mphela: South Africa v Spain, Confederations Cup

Sayang sekali tak ada gol dari pemain Lazio yang masuk dalam daftar nominasi, Menurut anda sendiri pantaskah gol Cristiano Ronaldo ini menjadi yang terbaik?
atau anda memiliki pilihan sendiri?
atau menurut anda, gol-gol dari pemain Lazio cukup pantas masuk nominasi, yang manakah gol tersebut?



Support Laziale...












Followers