Review : Indonesia (5 - 1) Malaysia

, by idrayang

 

Indonesia sukses melewati partai pertama AFF SUZUKI CUP 2010 setelah mengalahkan tim negeri jiran Malaysia, kemenangan itu bahkan diraih dengan skor telak. Pasukan Garuda Merah Putih Indonesia berhasil menyarangkan lima gol meski sempat tertinggal lebih dulu 0-1.

photo-photo Indonesia vs Malaysia

Sejak awal pertandingan Indonesia mencoba untuk terus menekan Malaysia, namun permainan monoton Indonesia yang selalu mencoba memberikan umpan langsung jarak jauh kepada dua striker Indonesia Irfan Bachdim dan C. Gonzalez membuat serangan Indonesia mudah dipatahkan.

Kejutan malah akhirnya dibuat oleh Malaysia. Sebuah umpan panjang dari lini belakang diterima oleh Mohamad Safee Bin Mohamad Ali di sisi kiri. Usai mengecoh Hamka Hamzah, ia melepaskan umpan kepada Norshahrul Idlan yang tak terkawal. Lewat satu sepakan kaki kanan, ia pun langsung melepaskan tendangan yang merobek jala Markus.

Beruntung Keunggulan tim tamu tersebut tak berlangsung lama. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang setelah tiga menit Malaysia mencetak gol yang membuat mental pemain tak jatuh terlalu lama. Gol penyeimbang itu bukan dicetak pemain Indonesia melainkan gol bunuh diri dari Mohamad Asrarudin.

Gol bunuh diri ini berawal dari umpan silang yang dikirimkan Mohammad Nasuha yang melakukan penetrasi dari sisi kiri. Umpan tersebut menuju ke Irfan Bachdim , namun dengan kecerdikannya Irfan dengan sengaja menghindari bola dengan cara melompati bola tersebut, malang bagi bek Malaysia Asra yang mencoba menghalau bola terhalang oleh aksi pergerakan tanpa bola Irfan Bachdim, walhasil bola malah mengarah ke gawang sendiri, Indonesia 1 dan Malaysia 1.

Gol bunuh diri Malaysia tadi mampu membangkitkan semangat tim Merah Putih untuk menekan dan bermain lebih tenang.

Gelora Bung Karno akhirnya kembali bergemuruh di menit ke 25. Umpan Firman Utina mampu dimanfaatkan dengan baik oleh striker naturalisasi Christian Gonzales. Tendangan kaki kirinya menyusur deras ke gawang Malaysia untuk membawa Indonesia berbalik unggul 2-1.

Malaysia mencetak gol di menit 40! Namun dianulir oleh wasit. Mohamad Safee yang menanduk bola tepat di depan gawang Markus sudah lebih dulu terperangkap offside.
Indonesia yang terus menekan kembali mendapatkan peluang emas di menit 42. Irfan yang tengah berada di dalam kawalan pemain Malaysia, melepaskan tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Hasilnya? Bola hasil sepakan Irfan masih melebar di sisi kanan gawang Malaysia.
Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-1 untuk Indonesia.

Babak kedua dimulai, dan Indonesia tetap memainkan pola menyerang namun kini lebih banyak menggunakan serangan dari sayap dan umpan satu dua di depan kotak penalti.

Hasilnya... Baru 5 menit babak ke dua berjalan, Indonesia akhirnya mampu memperlebar keunggulannya menjadi 3-1. Diawali dengan umpan satu dua dengan Ahmad Bustomi, bola umpan dari Bustomi tak mampu di antisipasi oleh bek Malaysia dan membuat Muhammad Ridwan hanya tinggal berhadapan dengan kiper kemudian diakhiri dengan tendangan keras mendatar ke sisi kiri gawang Malaysia.

Unggul dua gol membuat Indonesia terus menekan pertahanan Malaysia. Pada menit 58, sebuah kerjasama apik antara Okto Maniani dan Firman Utina diselesaikan Cristian Gonzales dengan sebuah sepakan kaki kiri.

Sial bagi Cristian, tendangannya bisa ditepis oleh Sharbinee. Bola muntah sempat diincar Irfan Bachdim, tapi penyerang bernomor 17 itu sudah lebih dulu terperangkap offside.

Irfan memiliki kans bagus di menit 63. Ia melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti, tapi Sharbinee berhasil membloknya.
Arif Suyono yang masuk menggantikan M.Ridwan di menit ke 76 berhasil membawa Garuda terbang kian tinggi. Baru dua menit masuk, Keceng, sebutan Arif, mampu memanfaatkan kesalahan Asra yang salah dalam mengontrol bola. Dengan kecepatannya ia pun mampu memperdaya kiper Malaysia dan membawa Indonesia unggul 4-1.

Striker langganan timnas Indonesia Bambang Pamungkas baru dimainkan oleh Alfred Riedl 5 menit sebelum bubaran, menggantikan C. Gonzalez yang tampak kelelahan.

Irfan Bachdim akhirnya menutup pesta gol Indonesia dan mengubah skor menjadi 5-1 di injury time babak ke dua saat memanfaatkan umpan crossing mendatar Okto Maniani dari sisi kiri yang sebelumnya tak mampu dijangkau BP. Sebuah penutupan yang manis dari pemain kelahiran Belanda ini, setelah sebelumnya memperoleh banyak peluang di sepanjang laga.
Dengan hasil ini Indonesia menjadi pimpinan klasemen sementara grup A AFF Suzuki Cup 2010, selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Laos pada hari sabtu mendatang.




Support Laziale...

Followers