Rossi harapkan Battaglia ke Lazio.

, by idrayang


Sebastian Battaglia

Sebastian Battaglia baru saja berhasil mempersembahkan gelar Liga Apertura untuk Boca Juniors musim ini. Karena tampil luar biasa, dia dinobatkan sebagai pemain terbaik Boca 2008.

---

Sebastian Battaglia seperti terlahir kembali. Performanya yang sempat turun karena cedera kembali moncer musim ini. Sepak terjang pemain 28 tahun itu di lapangan mampu membawa Boca Juniors menjadi yang terbaik di Argentina dengan meraih gelar juara Liga Apertura 2008. Selain mempersembahkan trofi juara bagi klub, musim ini gelandang bermobilitas tinggi tersebut meraih gelar individu yang membanggakan. Yaitu, pemain terbaik Boca Juniors.




Penghargaan itu dianugerahkan lewat polling yang dilakukan kepada suporter setia Boca. Hasil tersebut menunjukkan pentingnya peran Battaglia musim ini. Tidak main-main, dia memperoleh penghargaan itu dengan unggul telak atas kapten tim yang sebelumnya disebut-sebut sebagai ikon klub saat ini, Juan Roman Riquelme. Berdasar polling tersebut, Battaglia memperoleh sekitar 40 ribu suara atau 63,4 persen. Riquelme hanya mendapatkan 18,5 persen, sedangkan Jesus Datolo di posisi ketiga memperoleh 4,8 persen.

Musim ini, di antara total 21 pertandingan Boca di liga, termasuk playoff untuk menentukan gelar juara melawan San Lorenzo dan Tigre, Battaglia tampil 20 kali dan mencetak dua gol. ''Semuanya berjalan sangat baik. Saya main hampir di semua pertandingan dan merasa nyaman. Itulah yang membuat saya amat bahagia,'' kata Battaglia seperti dilansir Goal.

Trofi Liga Apertura yang dipersembahkan Battaglia awal pekan lalu adalah trofi ke-16 yang dia persembahkan untuk Bosteros (julukan Boca Juniors). Torehan itu menjadikan dia sebagai salah seorang pemain yang paling banyak mempersembahkan gelar juara bagi Boca sepanjang sejarah. Dia menyamai pencapaian mantan bomber Boca Guillermo Barros Schelotto.

Performa cemerlang Battaglia tersebut langsung mencuri perhatian para pemandu bakat klub Eropa di Amerika Selatan. Menurut agennya, dia ditaksir oleh satu klub London dan dua tim Italia, salah satunya adalah Lazio.

Lazio sejak lama telah berminat memiliki battaglia. Pada tahun 2007 hampir saja Lazio mendapatkannya namun Istri Battaglia tidak ingin meninggalkan Argentina, namun sekarang tampaknya Battaglia kembali membuka kesempatan untuk klub eropa yang meminatinya. Agen dari Battaglia mengatakan "Sebastian selalu menolak tawaran, namun sekarang saya lihat berbeda. ada kemungkinan ia menerima tawaran, dan Lazio adalah salah satu kandidat.

Tapi, Battaglia punya sejarah kurang bagus saat merumput di Eropa. Pada pertengahan musim 2003/2004, pemain yang mengawali debut bersama tim senior Boca pada 31 Mei 1998 tersebut diboyong klub Liga Primera Villarreal. Sayang, karir Battaglia di ranah Matador kurang berkembang. Alih-alih meraih prestasi, bersama The Yellow Submarine (kapal selam kuning/julukan Villarreal) Battaglia mengalami cedera lutut parah yang mengharuskannya absen selama enam bulan. Selain itu, konsentrasi Battaglia di Spanyol kian terganggu karena keluarganya tidak betah tinggal di sana. Pada Juli 2005, dia memutuskan kembali ke Argentina. Yang dituju adalah Boca, klub yang membesarkan namanya.

Semoga saja harapan Rossi untuk mendapatkan Battaglia dapat tercapai dan pilihannya tersebut dapat menambal kelemahan Lazio di lini tengah.

Data Diri:

Nama: Sebastian Alejandro Battaglia

Tanggal lahir: 8 November 1980 (1980-11-08)

Kota kelahiran: Santa Fe, Argentina

Tinggi badan: 1,78 meter

Posisi bermain: Gelandang

Klub saat ini: Boca Juniors

Nomor punggung: 5

Karir klub

Junior:

1998: Boca Juniors

Senior:

1998-2003: Boca Juniors

2004-2005: Villarreal

2005-sekarang: Boca Juniors

Timnas:

2005-sekarang: Argentina: (8 kali main)


Followers