Francesco Totti Tersangkut Calciopoli

, by idrayang


VIVAnews - Investigasi lebih lanjut soal kasus pengaturan skor atau Calciopoli menyeret satu nama pemain ternama; Francesco Totti. Kapten AS Roma itu ditengarai tidak mendapat hukuman meski menghina wasit saat menghadapi Palermo pada Oktober 2004.

Seperti dilaporkan Il Corriere della Sera, Jumat 16 April 2010, hal itu ditengarai karena ada keterlibatan penunjuk wasit, Pierluigi Pairetto dan Paolo Bergamo. Dalam laporan pengadilan Napoli, ada rekaman pembicaraan telepon antara Pairetto-Bergamo dengan wasit yang dihina Totti.

Dikatakan kalau Pairetto-Bergamo meminta sang wasit agar tidak memasukkan hinaan Totti dalam laporan pertandingan. Itu membuat sang Kapten lolos dari skorsing satu pertandingan hingga sepekan kemudian bisa ikut merumput saat melawan Juventus.

Padahal dalam rekaman pertandingan terlihat jelas kalau Totti menyumpah pada sang pengadil. Namun hingga saat ini belum ada hukuman yang diterapkan untuk Totti.

Kasus Calcipoli ini terkuak empat tahun silam. Atas hal itu, Juve mendapat hukuman terberat dengan dipaksa degradasi ke Serie B dan pengurangan sembilan poin. Ditambah pula dengan wajib menyerahkan gelar Scudetto tahun 2005 dan 2006 pada Inter.

Selain itu Presiden Juve saat itu, Luciano Moggi, dan salah satu petinggi, Antonio Giraudo, dipasung selama lima tahun tidak boleh terlibat di sepakbola. Milan, Lazio, dan Fiorentina, mendapat hukuman lebih ringan.

Mereka hanya mengalami pengurangan nilai dan masih boleh berlaga di Serie A. Ironisnya, hal ini divonis hanya beberapa pekan setelah Italia menjadi juara dunia di Piala Dunia 2006.
• VIVAnews



Support Laziale...



Followers