Sisi lain Derby della Capitale

, by idrayang

Sambil menanti Derby Della Capitale minggu besok, tak ada salahnya bila kita membahas Derby panas di ibukota Italia ini dari sisi yang lain. Artikel ini diambil dari postingan seorang teman di thread Forum Kaskus.


Lazio-Rioma adalah salah satu derby yg panas, bukan hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan. Fans lazio mayoritas datang dari wilayah-wilayah suburban Roma dan fans Rioma datang dari wilayah urban Roma. Irriducibili Lazio dikenal punya hubungan berdasarkan ideologi dengan headhunters chelsea dan blue order rangers, maka sebaliknya Irish Clan Roma mempunyai ikatan yg sangat kuat terhadap asal usul mereka dan tentu mereka ini adalah kaum Republikan.
Lazio merupakan klub kesayangan il duce Benito Mussolini. Lazio yg bersimbol elang (elang merupakan simbol umum fasisme) banyak didukung oleh orang-orang yg percaya pada pemikiran fasis. Tidak ada keraguan bahwa Irriducibili, ultras terbesar dan penguasa curva nord, merupakan ultra sayap kanan. Selain IRR, ada beberapa kelompok lain seperti Viking, Veterani, CML, Banda Noantri (bubar), Cassia Ottavia, ultras. Irr dipimpin oleh beberapa orang yang berpengaruh, Fabrizio Toffolo dan Yuri.

Rioma adalah klub yg lebih beragam. Memang ada ultras sayap kanan (fedayn, boys, tradizione distinzione) tapi ada juga ultras sayap kiri seperti giovinezza. Selain ketiga kelompok itu beberapa ultras lain adalah ultras, Irish clan, brigata de falchi, Ultras Romani. Yg terakhir ini sudah bubar, atau tepatnya mungkin diintimidasi untuk bubar oleh ultras-ultras di curva sud. Ultras romani tidak diterima di curva sud dan anggota-anggotanya diusir dari curva sud. Mereka dipandang tidak bermentalitas seperti ultras karena mereka berkompromi dengan media dan polisi.

Kabarnya ketika tandang ke salah satu kota di italia selatan (Napoli), bus yg ditumpangi oleh ultras romani dilempari batu oleh fans tuan rumah. Namun bukannya turun dan melawan, mereka malah melaporkan kejadian ini ke polisi. Rupaya hal itu tidak menyenangkan buat ultras-ultras lain dan dianggap sebagai hinaan dan pengkhianatan bagi semacam aturan tak tertulis ultras.

boys dengan bendera gerakan falange, gerakan sayap kanan


irriducibili memasang bendera inggris dengan lambang chelsea

hanging mussolini icon

celtic cross (lambang fasisme)

kebanyakan ultras-ultras italia pro palestina dan ada sedikit yg netral, Namun tak ada yang pro Israel, mengingat sejarah hubungan yg buruk antara umat katolik dan yahudi.

hanging palestinian flag
Lazio fans Irrudicibili show their support in one of the matches


Sewaktu Gaza dibombardir habis oleh Israel, ultras roma menunjukkan rasa simpati mereka dengan cara menunjukkan banner ’gaza resisti’.

tambahan:
fabrizio toffolo, capo irriducibili

yuri, capo irriducibili, dengan paolo di canio, idola curva nord...

Zarate with IRR @Curva Nord



Rioma-Lazio clash

no offence no sara just info..



Support Laziale...



Followers