Puasa bagi pemain Sepakbola

, by idrayang


Bulan Ramadhan adalah bulan dimana para Muslim diwajibkan untuk berpuasa dan memperbanyak amal ibadah, Puasa orang muslim adalah menghindari makan dan minum serta segala macam yang dapat membatalkan puasa.
Lalu bagaimana nasib para pemain sepakbola yang berstatus muslim yang berpuasa saat melakoni pertandingan tim mereka?
Jose Mourinho sekali lagi membuat sensasi dengan ucapannya yang sedikit memaksakan kehendaknya sekaligus menyinggung umat muslim.
Mourinho menyalahkan puasa yang dilakukan oleh Muntari gelandang asal Ghana yang beragama Islam, Muntari dianggapnya bermain buruk sehingga ditarik di menit ke 30. Dan menurutnya lagi Bulan Puasa datang disaat yang tidak tepat.
Ucapan Mourinho lantas membuat Pemimpin Islam di Italia mengecam, Mohamed Nour Dachan mengatakan Mourinho jangan terlalu banyak bicara. Menurutnya puasa bukanlah alasan membuat lemah seorang pemain, faktor mental dan psikologis yang stabil juga bisa memberikan kekuatan dilapangan.
Lagipula saat Muntari bermain skor pun masih 0-0 dan setelah Muntari ditarik meski Inter sempat memimpin namun Inter akhirnya harus kejebolan juga oleh Bari, mungkinkah bila Muntari tetap bermain hasil akhir akan berbeda?
Ucapan dari
Mohamed Nour Dachan ini bisa dibilang benar bila kita mendengarkan ucapan dari seorang muslim sejati yakni striker Sevilla Frederick Kanoute, Kanoute meski dirinya sedang berpuasa mampu memberikan yang terbaik bagi timnya.
Saat sejumlah orang menggugat sikapnya yang tetap berpuasa dalam pertandingan, dalam sebuah konferensi pers ia menjawab tegas, “Siapa yang tidak mengetahui ajaran Islam, tidak akan tahu bahwa puasa memberi kekuatan, dan bukan kelemahan. “Setelah itu, tak ada lagi pihak yang mengkritisi Kanoute soal komitmennya menjalankan Islam.
Jadi bukanlah alasan seorang yang berpuasa tidak bisa memberikan yang terbaik bagi timnya, bila memang dilakukan dengan niat yang tulus, Puasa bisa menjadi tambahan moril si pemain untuk mengeluarkan semua kemampuannya, tentu saja dengan didukung oleh kepercayaan yang diberikan pelatihnya. :D

Followers