kilas balik : Indonesia sempat permalukan Uruguay

, by idrayang



Indonesia mungkin akan sulit untuk menang melawan Uruguay Jumat (8/10) nanti, semua rakyat Indonesia pasti mengakui dengan skuad yang ada saat ini bisa menahan imbang atau setidaknya tidak kejebolan banyak gol saja sudah untung bagi Indonesia.

Tapi tahukah Anda, pada tahun 1974, tepatnya 19 April Le Celeste pernah kita kalahkan ditempat yang sama di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Saat itu, Fernando Morena dkk meninggalkan Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan kepala tertunduk setelah menyerah 1-2. Indonesia menurunkan semua pilarnya, di antaranya Ronny Pasla, Andjas Asmara, Sutan Harhara, Abdul Kadir, dan Ronny Pattinasarany. Kemenangan atas Uruguay ini merupakan salah satu sejarah manis sepak bola Indonesia.

Ketika itu Mereka datang ke Jakarta untuk melakoni laga persahabatan untuk memperingati HUT PSSI. Disaksikan sekitar 60 ribu penonton, timnas Indonesia secara mengejutkan menaklukkan negara asal Amerika Latin itu dengan skor 2-1.
Support Laziale...
"Saat itu kami tidak mengalami kesulitan berarti menghadapi mereka. Gaya permainan hampir sama dengan kita, mengandalkan umpan-umpan pendek dan sesekali bermain individu duel satu lawan satu. Beruntungnya kala itu timnas Indonesia dihuni banyak pemain yang memiliki skill individu bagus," kata Sutan.

Dalam pertandingan uji coba tersebut timnas Indonesia yang diasuh Djamiat diperkuat Rusdianto, Ronny Paslah, Abdul Kadir, Anwar Ujang, Nabon dan Waskito. Kendali permainan dipegang Indonesia. Tim asuhan Juan Alberto Schiaffino kala itu kerap direpotkan dengan serangan dari sektor sayap.

Merasa malu dengan kekalahan itu, Uruguay pun meminta pertandingan ulang sehari setelah kekalahan. Mereka sukarela tampil gratis tanpa dibayar.

"Kami sih mau saja walau kondisi fisik lelah karena berpikir kesempatan bermain melawan tim luar negeri bisa menaikkan reputasi," ujar Sutan.

Sayangnya, pada laga ulang timnas Indonesia kalah 2-3. Walau begitu hal tersebut tak menghilangkan kebanggaan para pemain. "Kami telah memberi pelajaran berharga kepada mereka untuk tidak meremehkan tim-tim yang kelasnya dibawah," ucap Sutan. (bola)

Jadi sebenarnya Indonesia itu Bisa!!!!

Followers