Top Ten Transfer :

, by idrayang

Transfer pemain adalah salah satu proses penting untuk suatu klub yang ingin mendapatkan gelar di suatu kompetisi, dan keputusan pelatih dalam memilih pemain juga sangat menentukan bagaimana hasilnya proses transfer tersebut apakah transfer tersebut akan sukses ataukan akan menjadi sia-sia.
Dalam sepakbola masa kini, proses transfer gila-gilaan adalah suatu hal yang sudah biasa, sebuah tim kaya bisa dengan mudah menggelontorkan uangnya demi mendapatkan tanda tangan seorang pemain yang dianggap superstar dan bisa merubah nasib sebuah tim.
Lazio tercatat sempat memegang rekor untuk pembelian termahal saat membeli Hernan Crespo dari Parma pada tahun 2000 meski akhirnya langsung terlewati oleh rekor pembelian Luis Figo dari Barca menuju Real madrid ditahun yang sama dan ditahun 2001 Real Madrid membuat rekor baru saat memboyong Zidane dari Juventus.

Berikut adalah daftar transfer pemain termahal didunia versi IndieLaziale :

Zinedine Zidane (dari Juventus ke Real Madrid 2001)
Salah satu legenda hidup sepakbola, Pemain yang meraih tiga kali gelar pemain terbaik dunia 1998, 2000, 2003 dan satu kali pemain terbaik eropa di tahun 1998 saat membela Juve. Transfer ini termasuk transfer sukses, meski Real Madrid harus membayar mahal untuk jasa Zidane namun gelar yang diberikan Zidane kepada Madrid cukup untuk membayar lunas semua itu. Zidane dibeli Real Madrid senilai £45.62m setelah bermain gemilang di Juventus.

Luis Figo (dari Barcelona ke Real Madrid 2000

Salah satu transfer kontroversial yang terjadi, mantan pemain Barca yang notabene adalah musuh abadi Real, menyeberang ke tim lawan. Figo dianggap pengkhianat setelah menerima pinangan dari Real Madrid dan ia pun menjadi musuh nomor satu publik Barcelona. Real Madrid menawar Figo seharga £37m. Bersama Zidane, Figo menjadi salah satu anggota Los Galacticos yang membawa Real Madrid merebut gelar Liga Champion pada musim 2001/2002.

Hernan Crespo (dari Parma ke Lazio 2000)

Hernan Crespo menjadi pemain termahal dunia setelah dibeli Lazio dengan harga £35.5, namun hari beberapa hari rekor Luis Figo memecahkan rekor tersebut. Crespo dibeli Lazio ketika Lazio saat itu masih dipegang Sergio Cragnotti dan dan sebelum Lazio mengalami kebangkrutan. Musim pertama berseragam Lazio Crespo berhasil merebut gelar topskor seri-a dengan 26 gol. Sayang dua musim bersama Lazio Crespo tidak mampu memberi gelar satu pun.

Gianluigi Buffon (dari Parma ke Juventus 2001)

Satu-satunya kiper yang masuk dalam daftar 10 pemain termahal dunia, dibeli Juventus dari Parma. Buffon dihargai sebesar £32.6m. Ia termasuk dalam jajaran legenda Italia dan Juventus di tahun 2003 dia meraih gelar UEFA Most Valuable Player dan Best Goalkeeper awards di Piala Dunia 2006 dia mendapat The Yashin Award.

Robinho (dari Real Madrid ke Manchester City 2008)

Robinho dibeli manchester City pada tahun 2008 dari Real Madrid dengan bandrol £32,5m. Meski bermain cukup gemilang bersama Manchester City namun ia tak mampu mengangkat prestasi timnya. Prestasinya malah lebih bagus ketika ia masih berbaju Real Madrid.

Christian Vieri (dari Lazio ke Inter Milan 1999)

Meski hanya satu musim di Lazio, namun penampilan apik Vieri bersama pasukan biru langit membuatnya ditarik ke Inter Miilan. Saat itu Inter Milan rela mengucurkan dana sebesar £32m yang saat itu dianggap transfer termahal di dunia. Sayang bersama Inter Milan Vieri gagal meraih gelar scudetto, tahun 2001/2002 hampir saja Vieri meraih scudetto namun di partai terakhir Inter dikalahkan Lazio dengan skor 4-2 yang akhirnya melenyapkan mimpi scudetto mereka. Pada tahun 2002/2003 Vieri menjadi top skor seri-a dengan 23 gol. Vieri sendiri saat membela Atletico Madrid sempat mencicipi gelar top skor liga spanyol. Sayang cedera yang dialaminya saat perempat final liga Champion menghadapi Villareal membuatnya semakin mandul.

Andriy Shevchenko (dari AC Milan ke Chelsea 2006)

Salah satu transfer mahal yang berakhir gagal total, Sheva datang ke London dengan status sebagai pembunuh nomor satu di Italia, namun berakhir di London dengan cap penghuni tetap bangku cadangan. Bersama Milan ia meraih berbagai gelar namun transfernya sebesar £30,8m ke Chelasea tidaklah sesukses karirnya di AC Milan.

Dimitar Berbatov (dari Tottenham Hotspur ke Manchester United 2008)

Transfer sebesar £30,75m menjadi nilai untuk kepindahan Berbatov dari Totenham ke MU, sayang penampilan Berbatov dinilai belum memuaskan dan lebih banyak menerima kritikan dari publik MU. Meski begitu ia sukses memberi gelar juara liga dimusim 2008/2009 dan juara piala dunia antar klub.

Pavel Nedved (dari Lazio ke Juventus 2001)

Seorang legenda yang patut jadi panutan bagi para pemain muda, loyalitasnya kepada tim tak perlu diragukan, setiap tampil ia selalu mengeluarkan 100% kemampuannya. Juventus beruntung mendapatkan pemain enerjik ini, Nedved ditransfer dari Lazio seharga £30,6m dan dibeli untuk menggantikan peran Zidane. Nedved tidak perlu waktu lama untuk membuktikan kapasitasnya, dengan stamina luar biasa dan tendangan super keras, ia menjadi idola baru di Turin.

Rio Ferdinand (dari Leeds United ke Manchester United 2002)

Kepindahannya dari Leeds ke Mu membuatnya masuk jajaran 10 pemain termahal dunia, padahal dalan dunia transfer sepakbola seorang bek jarang sekali di hargai mahal seperti dirinya. Kemampuan Ferdinan dalam menjaga lini belakang memang terbilang ampuh, Mu dibawanya sukses di tanah inggris dan Eropa. (idr)




Followers