Elfsborg si kuda hitam dari Swedia

, by idrayang

Mengintip kekuatan Elfsborg.
Elfsborg, rival Lazio di Liga eropa nanti, adalah tim yang belum pernah dihadapi oleh Lazio, kekuatan
Elfsborg belum bisa di raba oleh Ballardini, hanya sedikit info tentang komposisi kekuatan tim asal Swedia ini.
Elfsborg sendiri di Liga Swedia gagal menjadi juara dan hanya menjadi runners up dengan 64 poin berbeda hanya satu poin dari sang juara Kalmar. Namun klub Swedia ini menjadi tim dengan pertahanan terbaik (18 kali kejebolan dari 30 pertandingan).

the skuad

Elfsborg bermain dengan pola 4-2-3-1, empat bek dengan dua bek sayap yang kerap membantu serangan, dua gelandang tengah yang memiliki tugas menekan lawan dengan tiga gelandang serang yang menjadi penyuplai bagi striker tunggal mereka.
Kiper mereka
Ante Covic berumur 34 tahun, asli Kroasia dengan passport Australia ditangan, kiper raksasa ketiga Australia di Piala Dunia 2006.

Di sebelah kanan pertahanan ada Daniel Mobaeck kelahiran 1980, bisa bermain sebagai bek kanan, sayap kanan atau bahkan seorang striker. Menjadi anggota timnas saat Swedia tour ke amerika selatan di januari 2007.

Teddy Lucic 36 tahun, seorang bek tengah dengan pengalaman segudang. Pernah bermain di jerman bersama Leverkusen, di Italia bersama Bologna, inggirs di Leeds United. Tinggi 186 cm diawal profesinya lebih banyak bermain sebagai full back namun sejak 2004 bermain lebih banyak di posisi center back. Kekurangannya mungkin bila bertemu dengan striker yang mengandalkan kecepatan dan itu ada di sosok Zarate dan Rocchi.
Sebelah kanan tengah ada
Martin Andersson 28 tahun seorang bek yang juga bisa bermain di sisi kanan dan memiliki fisik yang cukup besar.
Mathias Floren, bek kiri berusia 33 tahun yang 6 musim berada di Belanda. memiliki kemampuan dalam overlaps dan tendangan cukup keras dari luar area.

di lini tengah ada Anders Svensson 33 tahun Playmaker atau gelandang kiri dengan passing akurat dan kemampuan dalam bola-bola mati. Tendangan bebasnya sangat mematikan seperti yang pernah ditunjukkannya di Piala Dunia 2002 saat Swedia melawan Argentina yang membuat Argentina keok dari babak grup. Dan sempat menjadi andalan di Southampton (inggris).

rekan Sevensson di lini tengah adalah Helgi Danielsson asli Irlandia 28 tahun bertugas untuk menyaring dan mengambil bola seorang defensive midfielder.

Di posisi trequartista ada Stefan Ishizaki seorang gelandang campuran Jepang dan Swedia 27 tahun, sempat bermain di Genoa pada musim 2003-2004 namun gagal memperlihatkan kemampuannya. Memiliki Dribling yang mungkin bisa menyulitkan pertahanan Lazio.

Deni Avdic, 20 tahun tinggi 190 cm dengan kecepatan dan kekuatan menjadi modalnya. 6 gol dalam 12 bulan.

Emir Bajrami 21 tahun, kelahiran Kosovo dalam 17 partai telah mencetak 6 gol. Senang melewati beberapa pemain dan memiliki kemampuan dalam serangan balik.

Dan andalan mereka di lini depan adalah James Keene seorang asal Inggris yang sejak 2006 telah berada di Swedia. Asli produk Portsmouth, ada sebuah peristiwa yang membuat Keene terkenal di Portsmouth, yaitu ketika ia masih dilatih Harry Redknapp ketika itu saat di latihan Keene hendak menendang bola ke arah gawang namun malah mengenai Pelatihnya sendiri Harry Redknapp yang saat itu di sedang di interview oleh media. Di situ terekam ucapan Harry yang mengatakan tentang keene yakni : "No wonder he's still in the f***ing reserves".
Keene di musim ini telah mencetak 4 gol dan dua diantaranya di Liga eropa.

Followers