Flash Back : 20 Mei 1973 , Napoli vs Lazio (1-0)

, by idrayang

S.S Lazio 1972/1973
inilah mengapa ada benang permusuhan antara Lazio & Napoli

Ini adalah sebuah partai klasik dimana seharusnya Lazio bisa merasakan scudetto pertama mereka. Tanggal 20 Mei 1973 digulirkan partai terakhir seri A musim 1972/1973, ketika itu AC Milan memimpin klasemen dengan poin 44, sementara Lazio dan Juventus menguntit tepat dibelakang Milan dengan niali sama 43 poin.

daftar skuad Lazio 1972/1973

Hari terakhir serie A menjadi penentuan scudetto untuk tiga klub tersebut, Ac Milan bertemu dengan Hellas Verona, Juventus tandang ke Olimpico untuk menghadapi Ass Rioma sedangkan Lazio dijamu Napoli di San Paolo. Ketika itu poin kemenangan masih dihitung dua poin.
Vavasorri dan Zurlini memprovokasi Chianglia
Di musim itu Lazio menjadi buah bibir di sere A dan menjadi perhatian media ketika itu. Bagaimana tidak? Lazio baru saja promosi ke serie A dan membawa sesuatu yang fresh di Italia. Semua orang pun tak pernah berpikir kalau Biancoceleste mampu menjadi kuda hitam hingga pertandingan terakhir.

Sebelum pertandingan dimulai, Pino Wilson kapten Lazio saat itu meminta kepada Juliano untuk memenangkan Lazio, namun pemain Napoli tersebut tertawa sambil mengatakan "Juventus datang sebelum anda, dan memberikan kami uang untuk memenangkan pertandingan ini."

Sejak awal kedatangan Lazio di San Paolo publik Napoli memang tidak bersahabat. Bus Lazio sempat mendapat lemparan batu dari supporter Napoli, namun pelatih Lazio Tommaso Maestrelli bersikap tenang dan mencoba untuk tetap fokus di pertandingan.

gol Damiani
Pertandingan pun berjalan alot, Lazio yang harus memenangkan pertandingan mencoba untuk terus menekan begitu pula dengan Napoli. Ac Milan sendiri mendapat hasil buruk, mereka takluk oleh Hellas Verona, Lazio tetap memiliki peluang untuk melakukan play off bila berhasil menang melawan Napoli, karena di saat yang sama Juventus berhasil menang telak 3-0 atas Ass Rioma di Olimpico, sebuah intrik juga sempat tercium di partai Juventus kontra Rioma merda saat itu.

tangisan Wilson di ruang ganti
Kemenangan yang diimpikan Lazio ternyata tidak jua kunjung datang, menit ke 89 sebuah gol Damiani menghancurkan mimpi Laziali. Lazio akhirnya kalah 0-1 dan gagal meraih scudetto untuk pertama kalinya. Juventus resmi meraih scudetto setelah meraih 45 poin, AC Milan runner up dengan 44 poin sementara Gli Aquilotti diposisi ketiga dengan 43 poin.

Usai pertandingan suasana ruang ganti menjadi sunyi sepi, kapten Lazio saat itu Giuseppe Wilson tak mampu menahan air matanya karena gagal di pertandingan akhir. Namun kegagalan itu tidak menjadi Lazio patah arang, musim berikutnya 1973/1974 Wilson cs akhirnya berhasil mewujudkan impian seluruh laziali untuk meraih scudetto, perjuangan mereka sejak promosi ke serie A pun terbayarkan. (dari berbagai sumber)

Support Laziale...

Followers